Thursday 4 December 2014

10 PERUSAHAAN TERBESAR DI DUNIA

    Sebuah majalah bisnis global terkenal yang bernama Fortune merelease 500 perusahaan dengan pendapatan terbesar di dunia untuk tahun 2014. Perusahaan asal Amerika Serikat masih memegang rekor terbanyak dalam daftar Fortune Global 500 yang dirilis pada bulan Juli 2014 ini, yaitu mencapai 128 perusahaan. Sedangkan perusahaan asal China mencapai 95 perusahaan dan Jepang memiliki 57 perusahaan yang masuk dalam daftar Fortune Global 500 ini. Berikut adalah daftar 10 perusahaan teratas dengan pendapatan tertinggi versi majalah Fortune:

1. WAL-MART STORES (RETAIL) - Amerika Serikat
Pendapatan: US$ 476,294 Miliar
CEO: C. Douglas Mcmillon 

C. Douglas Mcmillon

Wal-Mart adalah perusahaan Amerika Serikat yang mengoperasikan jaringan department store. Didirikan oleh Sam Walton pada tahun 1962. Wal-Mart mulai mencatatkan sahamnya di Bursa Saham New York pada tahun 1972.
Wal-Mart beroperasi di Argentina, Brazil, Britania Raya, Jepang, Kanada, Meksiko, Puerto Riko, dan China. Wal-Mart pernah beroperasi di Jerman namun akhirnya ditutup pada tahun 2006 karena merugi. Selain itu, Wal-Mart pernah membuka tokonya di Indonesia (di Supermal Karawaci) pada tahun 1995 namun ditutup pada tahun 1998 karena kurang menguntungkan dimana saat itu terjadi krisis moneter.







2. ROYAL SHELL DUTCH (Petroleum) - Inggris dan Belanda
Pendapatan: US$ 459,599 Miliar
CEO: Ben van Beurden

Ben van Beurden


Royal Dutch Shell adalah sebuah perusahaan energi utama, salah satu peringkat 4 atas perusahaan swasta minyak dan gas di dunia. Shell juga memiliki bisnis petrokimia yang cukup besar Shell Chemicals dan sektor energi terbaharui mengembangkan tenaga angin dan surya. Markas besar perusahaan ini berada di Den Haag, Belanda dengan markas besar legal di London, Britania Raya.







3. SINOPEC (Petroleum) - China
Pendapatan: US$ 457,201 Miliar
CEO: Fu Chengyu


Fu Chengyu




Sinopec (kependekan dari China Petroleum and Chemical Corporation) merupakan perusahaan minyak dan kimia dari China. Perusahaan ini merupakan perusahaan minyak terbesar di China. Bersama-sama, perusahaan ini membentuk Grup Sinopec, yang bergerak dalam aktivitas berdasar minyak dan kimia. Sinopec merupakan salah satu pendukung utama untuk Formula 1 Grand Prix China.





  
4. CNPC (Petroleum) - China
Pendapatan: US$ 432,007 Miliar
CEO: Liao Yongyuan


Liao Yongyuan


CNPC (China National Petroleum Corporation) adalah perusahaan minyak dan gas milik China. CNPC merupakan perusahaan energi yang terintegrasi terbesar di China. Kantor pusatnya terletak di Dongcheng District, Beijing. CNPC merupakan induk dari PetroChina, perusahaan terbesar keempat di dunia dalam hal kapitalisasi pasar pada Juli 2014






  
5. EXXON MOBIL (Petroleum) - Amerika Serikat
Pendapatan: US$ 407,666 Miliar
CEO: Rex W. Tillerson


Rex W. Tillerson


Perusahaan Exxon Mobil atau ExxonMobil adalah sebuah perusahaan penghasil dan pengecer minyak yang dibentuk pada 30 November 1999 melalui penggabungan Exxon dan Mobil. ExxonMobil adalah induk perusahaan Exxon, Mobil dan Esso di seluruh dunia. ExxonMobil merupakan perusahaan terbuka yang terbesar di dunia. Keuntungan operasinya pada 2005 sebesar AS$36,13 miliar (sebuah rekor untuk perusahaan diperdagangan publik) sedikit lebih kecil dari PDB Azerbaijan, sedangkan pendapatannya lebih besar dari PDB Arab Saudi. ExxonMobil berkantor pusat di Irving, Texas. Bersama dengan Shell, BP dan Total, Exxon Mobil merupakan empat perusahaan minyak terbesar di dunia




6. BP (Petroleum) - Inggris
Pendapatan: US$ 396,217 Miliar
CEO:
Bob Dudley


Bob Dudley



BP (dulunya British Petroleum) adalah sebuah perusahaan minyak bumi bermarkas di London, dan salah satu 4 besar perusahaan minyak di seluruh dunia (bersama dengan Shell, ExxonMobil, dan Total).
Pada Desember 1998, BP bergabung dengan American Oil Company (Amoco), membentuk BP Amoco. Namun, langkah ini dipandang umum sebagai sebuah pembelian Amoco oleh BP, hanya saja digambarkan secara resmi sebagai sebuah penggabungan karena alasan legal. Dan setelah setahun beroperasi bersama, mereka menggabungkan banyak operasi dan nama "Amoco" dilepas dari nama perusahaan. Divisi BP Solar telah menjadi pemimpin dalam produksi panel surya.
BP juga merupakan partner pemimpin dalam jalur pipa Baku-Tbilisi-Ceyhan yang kontroversial. Pada 20 April 2010 Horizon Deepwater meledak, mengakibatkan 11 orang meninggal, dan menyebabkan tumpahan minyak yang mengkontaminasi daerah yang luas dari lingkungan laut Amerika Serikat dan terus memiliki dampak serius pada kehidupan liar, industri perikanan lokal, dan pariwisata daerah. Pemerintah AS menyebut BP sebagai pihak yang bertanggung jawab atas insiden ini.

7. STATE GRID (Energy) - China 
Pendapatan: US$ 333,386 Miliar
CEO:
Liu Zhenya


Liu Zhenya



State Grid Corporation of China (SGCC) adalah perusahaan utulitas listrik yang terbesar di dunia. Perusahaan ini mentransmisikan dan mendistribusikan listrik di Cina. Memiliki kantor pusat di Xicheng District, Beijing dan mengelola distribusi ke Cina Utara, Timur Laut China, China Timur, China Tengah dan Barat Laut Cina.





8. VOLKSWAGEN (Automotive) - Jerman 
Pendapatan: US$ 261,539 Miliar
CEO:
Martin Winterkorn


Martin Winterkorn


Volkswagen (biasa disingkat VW) adalah sebuah pabrikan otomotif berbasis di Wolfsburg, Lower Saxony, Jerman. Volkswagen didirikan oleh Serikat Buruh Jerman (Deutsche Arbeitsfront) pada tahun 1937. Volkswagen merupakan merk asli dari Grup Volkswagen, yang juga membawahi beberapa merk mobil lain seperti Audi, Bentley Motors,Bugatti Automobiles, Automobili Lamborghini, SEAT, Škoda Auto dan sebuah pabrikan kendaraan komersial Scania. Tahun 2009, Supervisory Board dari Volkswagen AG mengesahkan pendirian sebuah grup otomotif yang terintegrasi dengan Porsche di bawah naungan Volkswagen.
Dalam bahasa Jerman, "Volkswagen" berarti "mobil rakyat". Tagline Volkswagen saat ini adalah Das Auto (dalam bahasa Inggris The Car). Moto sebelumnya adalah Aus Liebe zum Automobil (artinya : Kecintaan kepada Mobil).
Saat ini Volkswagen mempunyai 3 mobil yang masuk di daftar 10 mobil paling laris sepanjang sejarah menurut situs web 24/7 Wall St: Volkswagen Golf, Volkswagen Beetle, dan Volkswagen Passat. Dengan 3 mobil ini, Volkswagen mempunyai jumlah mobil terbanyak dalam daftar itu yang sampai saat ini masih diproduksi

9. TOYOTA MOTOR 
Pendapatan: US$ 256,454 Miliar
CEO:
Akio Toyoda


Akio Toyoda
Toyota Motor adalah sebuah pabrikan mobil yang berasal dari Jepang, yang berpusat di Toyota, Aichi. Saat ini, Toyota merupakan pabrikan penghasil mobil terbesar di dunia.
Di samping memproduksi mobil, Toyota juga memberikan pelayanan finansial, dan juga mebuat robot. TMC merupakan anggota dari Grup Toyota dan memproduksi mobil dengan merk Toyota Lexus dan Scion, memiliki sebagian besar saham dari Daihatsu dan Hino,dan memiliki sebagian kecil saham Subaru dan Isuzu.






10. GLENCORE XSTRATA (Commodity) - Swiss
Pendapatan: US$ 232,694 Miliar
CEO: Ivan Glasenberg


Ivan Glasenberg
Glencore adalah perdagangan komoditas dan pertambangan perusahaan multinasional Anglo-Swiss yang berkantor pusat di Baar, Swiss dan dengan kantor terdaftar di Saint Helier, Jersey. Perusahaan ini diciptakan melalui penggabungan Glencore dengan Xstrata pada 2 Mei 2013. Pada tahun 2014, perusahaan ini masuk ke peringkat kesepuluh perusahaan terbesar di dunia dalam daftar Fortune Global 500, juga menjadi yang terbesar ketiga keluarga di dunia perusahaan








Sumber:
http://ilmupengetahuanumum.com/10-perusahaan-terbesar-di-dunia-2014-fortune-500/
http://id.wikipedia.org/wiki/Walmart
http://id.wikipedia.org/wiki/Shell_(perusahaan)
http://id.wikipedia.org/wiki/Sinopec
http://en.wikipedia.org/wiki/China_National_Petroleum_Corporation
http://id.wikipedia.org/wiki/ExxonMobil
http://id.wikipedia.org/wiki/Bp
http://en.wikipedia.org/wiki/State_Grid_Corporation_of_China
http://id.wikipedia.org/wiki/Volkswagen
http://id.wikipedia.org/wiki/Toyota
http://en.wikipedia.org/wiki/Glencore






No comments:

Post a Comment