Thursday 4 December 2014

YUK KITA KENALI JENIS PEKERJAAN AKUNTANSI

    

Siapa sih yang nggak tau akuntansi? Akuntansi adalah salah satu jurusan yang bisa Anda pilih jika anda masuk ke suatu perguruan tinggi baik itu negeri maupun swasta. Kira-kira setelah lulus nanti, mahasiswa yang memilih jurusan akuntansi mau kerja di bagian apa ya? Mari kita bahas..

Pekerjaan akuntansi dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu:
  • Akuntansi Publik
  • Akutansi Manajemen
  • Akuntansi Pemerintah
  • Akuntansi Pendidikan
  • Akuntansi Keuangan
  • Akuntansi Biaya
  • Akuntansi Perpajakan
  • Auditing
Mari kita bahas satu persatu..

1. AKUNTANSI PUBLIK
Akuntansi Publik adalah bidang akuntansi yang telah memperoleh izin dari menteri keuangan untuk memberikan jasa akuntan publik di Indonesia. Jasanya itu meliputi:
- Jasa Audit
- Jasa Perpajakan
- Jasa konsultasi Manajemen (SDM)
- Jasa Akuntansi

2. AKUNTANSI MANAJEMEN
Akuntansi Manajemen adalah bidang akuntansi yang bekerja pada suatu perusahaan atau organisasi yang bertujuan memberikan informasi kepada jajaran manajemen perusahaan atau organisasi. Akuntansi Manajemen bermanfaat bagi mengendalikan kegiatan perusahaan serta memonitori arus kas suatu perusahaan atau organisasi.

3. AKUNTANSI PEMERINTAH
Akuntansi Pemerintah adalah bidang akuntansi yang bekerja pada lembaga-lembaga pemerintah yang lembaganya tidak berorientasi untuk mencari suatu laba atau keuntungan.
Tujuan akuntansi pemerintahan:
a. Akuntabilitas
Dalam pemerintahan, keuangan negara harus dapat dipertanggungjawabkan sesuai amanat konstitusi
b. Manajerial
Akuntansi pemerintahan memungkinkan pemerintah untuk melakukan perencanaan berupa penyusunan APBN dan strategi pembangunan lain, untuk melakukan pelaksanaan kegiatan pembangunan dan pengendalian atas kegiatan tersebut dalam rangka pencapaian ketaatan kepada peraturan perundang-undangan, efesiensi, efektivitas dan ekonomis.
c. Pengawasan
Pemeriksaan keuangan di Indonesia terdiri dari pemeriksaan keuangan secara umum, pemeriksaan ketaatan dan pemeriksaan operasional atau manajerial.

4. AKUNTANSI PENDIDIKAN
Akuntansi Pendidik adalah bidang akuntansi yang kegiatannya mengarah kepada pengajaran, penyusunan kurikulum dan melakukan penelitian di bidang akuntansi. Contoh: dosen di perguruan tinggi

5. AKUNTANSI KEUANGAN
Akuntansi Keuangan adalah bidang akuntansi yang berhubungan dengan transaksi atau pelaporan keuangan yang harus mengendalikan keluar masuknya keuangan demi kestabilan siklus keuangan suatu perusahaan atau organisasi. Bertujuan untuk menyediakan data transaksi keuangan yang dilakukan dalam suatu periode tertentu dan disusun dalam bentuk laporan keuangan

6. AKUNTANSI BIAYA
Akuntansi Biaya adalah bidang akuntansi yang menekankan pada penetapan dan kontrol atas biaya fungsi utama akuntansi biaya mengumpulkan & menganalisis data mengenai biaya, baik biaya yang telah terjadi maupun yang akan terjadi. Informasi yang dihasilkan berguna bagi manajemen sebagai alat kontrol atas kegiatan yang telah dilakukan suatu perusahaan atau organisasi

7. AKUNTANSI PERPAJAKAN
Akuntansi Perpajakan adalah bidang akuntansi yang bertujuan sebagai bahan pelaporan pajak. Akuntansi perpajakan sangatlah penting dilaksanakan dikarenakan semua perusahaan atau organisasi pasti akan berhubungan dengan perpajakan.

8. AUDITING
 Auditing adalah bidang akuntansi yang berhubungan dengan audit (pemerikasaan) terhadap laporan keuangan yang dihasilkan di dalam suatu perusahaan atau organisasi. Tujuan audit adalah agar informasi akuntansi yang disajikan dapat lebih dipercaya. Audit dilakukan berdasarkan standar auditing dan kode etik akuntan

Jadi kalian yang sudah lulus mau pilih kerja di bagian apa? Hehe
Kerja di bagian apapun nggak masalah, sama saja. Yang penting kalian saat kerja nanti harus bersikap akuntabilitas agar selalu dihormati di perusahaan manapun.

Sekian info yang dapat saya sampaikan, mohon maaf apabila ada kekurangan atau kesalahan. Terimakasih atas perhatiannya, sukses selalu. Hidup akuntansi!

SUMBER:
http://info-mellow.blogspot.com/2013/02/jenis-pekerjaan-akuntansi.html
http://www.sarjanaku.com/2012/12/pengertian-akuntansi-pemerintahan.html

No comments:

Post a Comment