Monday 23 November 2015

Pekerjaan Sampingan yang Biasa Dilakukan Mahasiswa

Sebagai mahasiswa Indonesia yang rajin menabung dan sayang orang tua, anda pernah tidak berpikiran untuk mencari pekerjaan sambilan? Apalagi mahasiswa yang kuliah diluar negeri, tidak jarang mereka mencari pekerjaan sambilan untuk memenuhi kebutuhan disana tanpa membebani orangtua lagi, karena kita sendiri pasti tahu betapa mahal biaya kuliah di luar negeri. Tapi sungguh sulit bekerja sambil belajar, terlebih yang jadwal kuliahnya padat semaput, maka dari itu mahasiswa pasti mencari pekerjaan sampingan yang tidak begitu mengganggu kegiatan belajar mereka. Apa saja pekerjaan sampingan yang biasa dilakukan mahasiswa? Simak yuk!

1. Pelayan Restoran
Nah yang ini sudah pasti ga asing bagi anda, sering banget mahasiswa melamar kerja jadi pelayan restoran. Apakah anda tipe mahasiswa yang murah senyum dan ramah? Apakah anda tipe yang cekatan dan mau mendengarkan apa yang pemesan mau dengan baik? Ini pekerjaan sampingan yang cocok buat anda! Tugas anda adalah mencatat pesanan, menyambut customer lalu membawa makanan dan minuman ke meja.

2. Online Business
Lagi nge-trend nih pekerjaan sambilan berikut ini, saking mudahnya akses ke dunia online, banyak banget mahasiswa buka lapak atau jualan di jejaringan sosial, tinggal punya hape maka anda tidak perlu keluar modal sewa tempat, media sosial yang dimanfaatkan bisnis online seperti : Instagram,Twitter dan Facebook.

3. Asisten Dosen
Buat anda yang mempunyai kelebihan di bidang akademis atau mata kuliah anda, kerjaan satu ini patut dicoba. Caranya? jadi anak kesayangan dosen tentu saja, tunjukkan di mata kuliah dosen itu, lalu bila sudah semester sekian bisa deh melamar jadi asisten dosen

4. Les Private
Lebih memilih untuk mengajar dengan mandiri? Boleh nih jadi guru les private. Biasanya mahasiswa buka les private untuk anak SMA,SMP dan SD. Anda tentu yang sudah mahasiswa sudah pernah belajar pelajaran SMA dan dibawahnya,jadi pasti anda bisa mengajar pelajaran mereka dengan baik. Guru private tentu harus rajin, pintar dan sabar dalam menghadapi murid mereka.

5. Fotografer
Anda punya hasrat dalam fotografi? Punya kamera cuma buat selfie? Sayang kalau ga jadi fotografer. Mahasiswa sekarang pasti ga asing dong dengan berbagai jenis kamera yang sekarang lagi nge-tren. Daripada di pajang di leher dan buat foto-foto pemandangan yang akhirnya cuma disimpan saja,lebih baik agan jadikan pekerjaan sambilan. Banyak kok mahasiswa yang melamar jadi fotografer dan siapa tau bisa jadi pekerjaan tetap.

6. Jasa Printer

Bagi beberapa mahasiswa yang sewa kost,kadang kita mendapat titipan mesin printer dari orangtua tersayang untuk mempermudah mahasiswa untuk print tugas dan lain sebagainya. Tapi banyak mahasiswa yang tidak diberi titipan tersebut,nah pasti mahasiswa yang punya printer ini bisa diandalkan dalam print tugas mahasiswa lain. Nah kalau anda mahasiswa yang punya printer,kenapa tidak buka saja jasa print untuk dijadikan pekerjaan sampingan untuk menghasilkan uang?

7. Tukang Cuci Mobil

Selain ga mengganggu jadwal kuliah, pekerjaan ini juga tidak sulit. Asal anda cekatan dan bersih, uang tips sudah pasti menunggu anda.

8. Jasa Ketik:

Buat anda yang rajin dan merasa banyak waktu luang,bisa buka jasa ketik buat mereka yang tugasnya padat,biar sekalian membantu sesama mahasiswa. Yang mencari pasti banyak karena saya sendiri pun kadang butuh bantuan mengerjakan tugas,makanya anda coba buka bisnis ini. Dari hal kecil ini anda bisa sekalian melatih diri agan dalam ketahanan mengerjakan tugas yang nantinya pasti berguna saat anda mungkin sudah bekerja di kantor.

9. Jualan Pulsa:

Pernah ga sih anda melihat teman mahasiswa agan tengah-tengah malam ngeluh dia kehabisan pulsa? Atau temen anda yang males banget keluar kost-an beli pulsa? Nah boleh ini dicoba, banyak pasti temen anda yang beli pulsa sama anda karena gaperlu repot-repot pergi ke toko pulsa lagi.

10. Jaga Warnet:

Pernah ga sih agan lihat anak muda seumuran anda jaga warnet? coba tanya-tanya,siapa tahu dia mahasiswa juga. Termasuk pekerjaan yang pasti anda suka karena selain dapet gaji,dapet internet gratis juga gan. Siapatahu juga anda dapet temen main game online juga dari sana.

Referensi:
http://www.kaskus.co.id/thread/56475584642eb6fc128b4567/pekerjaan-sampingan-yang-biasa-dilakukan-mahasiswa

No comments:

Post a Comment