Friday 1 May 2015

13.3 Tingkat Daya Saing

13.3 Tingkat Daya Saing 

Ada beberapa hal yang mempengaruhi daya saing dalam perdagangan internasional. Menurut hasil survey IMD (International Management Development)  daya saing Indonesia dibandingkan 30 negara-negara utama dunia lainnya, dipengaruhi beberapa hal, antara lain:
1.   Kepercayaan investor yang rendah (sebagai akibat resiko politik, diskriminasi dalam masyarakat, sistim penegakan hukum yang lemah, banyak korupsi)
2.   Daya saing bisnis yang rendah yang meliputi kualitas SDM yang masih rendah
3.   Daya saing yang rendah (nilai-nilai di masyarakat tidak mendukung daya saing dan globalisasi, kualitas wiraswasta dan kemampuan marketing yang rendah, produktivitas menyeluruh yang rendah)
4.   Infrastruktur lemah (pendidikan dan kesehatan yang kurang, perlindungan hak patent dan cipta lemah, penegakan hukum lingkungan hidup yang lemah, biaya telekomunikasi internasional yang mahal, anggaran yang mahal, kurangnya alih teknologi, kurang ahli teknologi informasi)

DAFTAR PUSTAKA 
Naftali, Yohan. 2008. Peningkatan Daya Saing Indonesia di dalam Perdagangan Internasional. Diakses pada 22 April 2015, dari https://yohanli.wordpress.com/2008/07/30/peningkatan-daya-saing-indonesia-di-dalam-perdagangan-internasional/

No comments:

Post a Comment