Friday 1 May 2015

14.2 Arus Modal Masuk

14.2 Arus Modal Masuk


Arus Modal Masuk merupakan uang yang dikirimkan dari luar negeri untuk keperluan investasi di pasar-pasar asing. Arus Modal Masuk mengukur jumlah bersih suatu mata uang yang dibeli atau dijual untuk penanaman modal.  Konsep utama dari arus modal adalah neraca. Misalnya, suatu negara dapat memiliki arus modal positif atau negatif.
1.  Neraca arus modal positif
Mengindikasikan bahwa modal yang masuk ke dalam suatu negara melebihi investasi keluar. Apabila di suatu negara arus modal masuk melebihi arus modal keluar, maka terdapat permintaan tambahan yang wajar terhadap mata uang negara tersebut.
2.  Neraca arus modal negatif
Mengindikasikan bahwa investasi keluar negeri melebihi investasi yang masuk dari sumber asing ke dalam negara yang bersangkutan. Apabila terjadi arus modal negatif, permintaan terhadap mata uang negara tersebut berkurang, sehingga nilai mata uang tersebut pun menurun.

DAFTAR PUSTAKA

Daroin, Ana Dhaoud. 2014. Neraca Pembayaran, Arus Modal Asing dan Utang Luar Negeri. Diakses pada 22 April 2015, dari http://anadhaouddaroin.weebly.com/uploads/1/9/2/4/19243155/10_neraca_pembayaran_arus_modal_asing_dan_utang.pptx

No comments:

Post a Comment