Saturday 15 November 2014

PLEASE WELCOME: WINDOWS 10



          Tak terduga waktu berjalan sangat cepat. Baru 2 tahun yang lalu Microsoft me-release Windows 8, sekarang Microsoft sudah memperkenalkan Windows 10. Tahun 2013 yang lalu, Microsoft berencana untuk mengeluarkan Windows 9, namun pada tahun ini nampaknya yang akan melanjutkan perjuangan Windows 8.1 adalah Windows 10.


Cukup adil kalo kita membicarakan bahwa Windows 8 bukanlah renkarnasi yang baik dari pendahulunya yang populer. Ada banyak kekurangan pada Windows 8, salah satunya terletak pada menu start. Yups, beberapa orang menyesalkan tentang keberadaan menu start yang dihilangkan dan look & feel touchscreen pada desain yang sedikit kurang cocok bagi pengguna komputer.
Kabarnya, pihak Microsoft sudah mendengarkan keluhan tersebut, kini Windows 10 terlihat telah mengembalikan keberadaan start menu ditambah dengan keberadaan desktop virtual diantara hal lain yang baru. Apakah ini jawaban dari para pengguna Windows 7 yang sudah menunggu cukup lama?
Berikut ini adalah fitur-fitur baru Windows 10:

1. START MENU HADIR KEMBALI

Hal yang paling jelas dari Windows 10 adalah kembalinya start menu. Layar utama kini kembali terlihat efisien dengan adanya style pop-up ketika tombol start ditekan. Live Tiles yang biasa kita lihat di start screen Windows 8, akan terlihat juga di start menu. Perhatikan gambar dibawah ini:


Hal yang terlihat berbeda juga terdapat pada tombol dan fungsi search yang muncul di dua tempat, yaitu di samping tombol start dan di dalam tombol start. Lalu, menu control panel juga hilang pada menu start dan keberadaan tombol power yang kini berada di menu paling atas bersamaan dengan user profile

2. VIRTUAL DESKTOP

Bukan hal yang baru di dunia per-OS an. Tapi, bagi Microsoft tentu fitur ini dapat membantu pengguna lebih mudah dalam pemakaian multi tasking sebuah komputer. Mungkin tidak sebaik virtual desktop yang ada di Mac maupun Ubuntu, tapi fitur ini sangat berguna.
Desktop baru dapat ditambah dengan menekan tombol Windows + Tab atau mengklik tombol New Task View, dengan cara tersebut akan membawa jendela Live-app switching yang berada di bagian bawah layar. Perhatikan gambar dibawah ini:


3. CHARM MENU

Masih sama seperti Windows 8 dan Windows 8.1, charm menu dapat kita akses dengan menyentuhkan pointer mouse ke pojok kanan atau kiri dari desktop, atau dapat juga diakses dengan menekan tombol Windows + C. Perhatikan gambar dibawah ini:

 

Hal menarik yang dapat ditemukan adalah kini kita dapat melakukan copy paste langsung di jendela command prompt. Perhatikan gambar dibawah ini:


4. WINDOWS STORE

Tampilan Windows Store di Windows 10 terlihat lebih menarik dibandingkan pendahulunya, Windows 8. Walaupun style side scrolling tetap dipertahankan. Perhatikan gambar dibawah ini:


5. SNAP ASSISTANT

Pengguna Windows 8 pasti tidak asing lagi dengan fitur Snap. Pada Windows 10, fitur ini ditingkatkan lagi dengan snap assistant. Jadi saat membuka banyak aplikasi dan anda meng-snap salah satu aplikasi, snap assistant akan membantu pengguna untuk memilih aplikasi terbaik lainnya untuk di-snap. Perhatikan gambar dibawah ini:


6. APLIKASI MODERN

Pembaharuan dari Windows 8 ke Windows 8.1 aplikasi modern berjalan pada tampilan desktop, terdapat tombol pengaturan (minimize, maxizime dan close) dan ikon aplikasi modern pada taskbar. Pada Windows 10, ukuran aplikasi modern bisa diatur layaknya aplikasi tradisional pada umumnya.

 
Selain hal diatas, mungkin ada perubahan fitur-fitur yang lainnya dari Windows 10.
Satu hal yang belum diketahui, Berapakah harga Windows 10 yang akan dirilis di pasaran nanti? Hal tersebut masih sulit untuk dijawab, tapi tentu ada peluang ke arah sana nantinya karena pasar teknologi terutama IT di Indonesia kini berkembang pesat dan tidak mungkin perusahaan sekelas Microsoft tidak melihat peluang tersebut. Jadi, kita tunggu saja ya launching resminya yang diperkirakan akhir tahun 2015 nanti.

Sekian pemaparan tentang Windows 10 yang saya sampaikan, mohon maaf apabila ada kesalahan atau kekurangan kata-kata. Terima kasih sudah berkenan untuk membaca.

Sumber:
http://id.techinasia.com/fitur-baru-microsoft-windows-10/

No comments:

Post a Comment